WhatsApp Image 2024-01-17 at 16.17.11_4ab7530d
banner tembarak 1
IMG_20240111_114714
IMG_1020
previous arrow
next arrow

PROFIL KAMI

SMK NEGERI TEMBARAK

Pembangunan SMK Negeri Tembarak dimulai pada tanggal 22 Januari 2007. Peletakan batu pertama dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Temanggung.

Dana untuk pembangunan bersumber dari dana Imbal Swadaya Pemerintah Pusat. SMK Negeri Tembarak diresmikan oleh Menteri Pendidikan Nasional pada hari Sabtu, tanggal 16 Februari 2008. SMK Negeri Negeri Tembarak mulai menerima siswa baru pada tahun ajaran 2007/2008.

Adapun program keahlian yang dibuka adalah program keahlian Teknik Mekatronika, Teknik Elektronika Industri dan Rekayasa Perangkat Lunak.

Program Keahlian

Screenshot - 2023-12-05T165929.088

PPLG

Pengembangan Perangkat Lunak & Gim

elinddd

ELIND

Teknik Elektronika Industri

Screenshot - 2023-12-05T172357.438

MEKA

Teknik Mekatronika

PROGRAM UNGGULAN SMK NEGERI TEMBARAK

SMK Negeri Tembarak sebagai lembaga pendidikan mempersiapkan anak didiknya untuk menghasilkan lulusan dengan kompetensi yang berstandar Nasional dan Internasional.

Pendidikan Agama di SMP Angkasa Adisutjipto tidak hanya sekedar transfer ilmu agama, namun ditekankan pada pembiasaan dalam beribadah. Kegiatan pembiasaan dilakukan melalui berbagai kegiatan di sekolah antara lain Reciting Al-Quran bagi siswa yang beragama muslim dan Reciting Al-Kitab bagi siswa yang beragama non muslim. Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap hari Senin sebelum pembelajaran dimulai. Selain itu dilakukan pula pembiasaan sholat dzuhur dan sholat ashar berjamaah dan sholat dhuha. Tidak hanya itu, SMP Angkasa Adisutjipto juga melakukan kegiatan ibadah dan kegiatan penunjang lainnya setiap hari besar agama.

Pendidikan karakter bertujuan untuk menghantarkan peserta didik SMP Angkasa Adisutjipto menjadi manusia yang sempurna. Sesuai dengan motto sekolah yaitu “Enhancing Your Character by Flying With Us”, SMP Angkasa Adisutjipto berusaha untuk meningkatkan karakter siswa dalam bermasyarakat. Dalam usaha peningkatan karakter siswa setiap hari dilaksanakan apel pagi dan apel siang, melaksanakan upacara bendera setiap hari Senin dan hari peringatan nasional, menerapkan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun) serta menerapkan kata-kata ajaib dalam kehidupan yaitu maaf, tolong dan terima kasih dalam setiap kegiatan. Pendidikan karakter juga dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakurikuler sekolah yaitu Drumband, Tonti, dan Pramuka.

Lulusan SMP Angkasa Adisutjipto diharapkan memiliki wawasan tentang wilayah udara di Indonesia, paham tentang wilayah angkasa dan memiliki kecintaan terhadap dirgantara Indonesia. Peserta didik dikenalkan dengan kekayaan dirgantara Indonesia melalui kegiatan kunjungan Museum Dirgantara Mandala saat kegiatan pengenalan lingkungan sekolah maupun kegiatan sekolah lainnya. Tidak hanya itu, untuk meningkatkan wawasan siswa terhadap kedirgantaraan, SMP Angkasa Adisutjipto juga menyisipkan pembelajaran Kedirgantaraan selama 2 jam pelajaran dalam satu minggu.

Pembelajaran budaya di sekolah angkasa khususnya SMP Angkasa Adisutjipto dilaksanakan untuk menanamkan rasa bangga generasi muda terhadap keberagaman kekayaan budaya nusantara melalui pembiasaan menggunakan pakaian baju adat daerah pada hari Kamis Pahing. Selain itu pengenalan budaya juga dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler yaitu Seni Tari.

Ubah Konten

Sekolah Angkasa menyelenggarakan pembelajaran dengan sistem fullday school (sekolah sehari). Selama satu hari siswa mendapatkan bimbingan dari guru yang profesional dan kompeten dalam menumbuhkan pengetahuan, bakar dan minat, serta pendidikan karakter siswa. Sistem ini juga membantu orang tua dalam melakukan pengawasan terhadap putra/putrinya. Proses pembelajaran dilaksanakan selama 5 hari dalam satu minggu yaitu mulai hari Senin sampai hari Jumat, dimana pelaksanaan pembelajaran setiap hari dimulai pukul 07.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Program angkasa berkarya bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kreativitas siswa. Program ini dilaksanakan melalui kegiatan PJBL (Project Based Learning) yang dilakukan setiap hari Jumat dan wajib diikuti oleh siswa kelas 7, 8, dan 9. Hasil akhir dari program ini diharapkan siswa mampu membuat produk berkelompok. Produk hasil karya siswa nantinya akan ditampilkan pada kegiatan Angkasa Expo yang diikuti oleh pengurus Yayasan Ardhya Garini Cabang Lanud Adisutjipto, seluruh guru karyawan dan seluruh orang tua siswa SMP Angkasa Adisutjipto.

Program ini menekankan pada pembiasaan siswa untuk berkomunikasi menggunakan bahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari, sehingga diharapkan lulusan Sekolah Angkasa cakap dalam berbahas inggris sebagai bahasa internasional. Program Angkasa Can Speak English dilaksanakan setiap hari Rabu sebelum pembelajaran dimulai. Tidak hanya itu, dalam peningkatan penguasaan berbahasa inggris, SMP Angkasa juga bekerja sama dengan Sekolah Angkasa Cabang Lanud Adisutjipto lainnya dengan menciptakan English Club, dimana kegiatan tersebut diisi dengan podcast, talkshow dan lain sebagainya

Dalam upaya pengembangan bakat siswa, SMP Angkasa Adisutjipto menyelenggarakan ekstrakurikuler wajib dan pilihan. Ekstrakurikuler wajib meliputi Pendidikan Kepramukaan, Drumband dan Tonti, sedangkan ekstrakurikuler pilihan meliputi Pencak Silat, PMR, Seni Musik, Seni Lukis, Seni Tari, Aeromodeling, dan Futsal. Siswa SMP Angkasa Adisutjipto juga tidak membatasi siswa-siswanya untuk mengikuti kegiatan tambahan di luar sekolah dalam upaya untuk mengembangkan bakat yang dimilikinya.

Mari Bergabung Bersama SMK N TEMBARAK

Galeri Terbaru

Terus ikuti kegiatan-kegiatan SMK N Tembarak