• SMK NEGERI TEMBARAK
  • Tiada Hari Tanpa Prestasi
  • info@smkntembarak.sch.id
  • (0293) 4903350
  • Pencarian

WORKSHOP KURIKULUM SMK NEGERI TEMBARAK TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

Pendidikan Indonesia di Tengah Pandemi Covid-19 telah mengubah sistem pendidikannya. Selain peran guru dalam mendidik siswa yang biasanya di laksanakan di sekolah. Sekarang orang tua juga kebagian tanggung jawab mendampingi anak mereka belajar dari rumah. Banyak orangtua harus mengakui bahwa menjelaskan berbagai mata pelajaran dan menemani anak-anak mengerjakan tugas-tugas sekolah tidak semudah yang dibayangkan. Kerja keras para guru sungguh patut diapresiasi. Di tengah pembatasan sosial akibat wabah covid-19, kita harus tetap semangat mengejar dan mengajar ilmu pengetahuan. Hampir tidak ada yang menyangka, wajah pendidikan akan berubah drastis akibat pandemi covid19.  Konsep sekolah di rumah (home-schooling) tidak pernah menjadi arus utama dalam wacana pendidikan nasional. Kebijakan physical distancing untuk memutus penyebaran wabah, memaksa perubahan dari pendidikan formal di bangku sekolah menjadi belajar dari rumah, dengan sistem online, dalam skala nasional. Bahkan, ujian nasional tahun ini terpaksa ditiadakan. Tantangan pendidikan Sistem pendidikan online pun tidak mudah. Di samping disiplin pribadi untuk belajar secara mandiri, ada fasilitas dan sumber daya yang mesti disediakan. Pendidikan adalah kunci Pendidikan merupakan kunci pembangunan sumber daya manusia. Kualitas sumber daya manusia merupakan kunci terwujudnya Indonesia Emas 2045, yang adil dan sejahtera, aman dan damai, serta maju dan mendunia. Pendidikan yang akan menentukan kemana bangsa ini akan menyongsong masa depannya, apakah menjadi bangsa besar yang beradab, cerdas dan siap beradaptasi dengan perubahan zaman. Sehingga SMK Negeri Tembarak mengadakan Workhsop Kurikulum Tahun Pelajaran 2020/2021 untuk meningkatkan kompetensi para pendidiknya dalam memberikan pelajaran secara daring (online) kepada peserta didiknya yang harus belajar di rumah.

Pembukaan Workshop Kurikulum yang di awali dengan berdoa yang di pimpin oleh Bp. Suryanto, S.Pd.I (Guru Mapel PAI)

Tujuan

  1. Menumbuhkan kesadaran para pendidik akan pentingnya melakukan refleksi diri mengenai kinerja mengajarnya terkait dengan hasil pembelajaran yang telah dicapai peserta didik pada materi yang diampunya.
  2. Meningkatkan penguasaan para pendidik terhadap substansi/materi pelajaran yang akan di lakukan secara daring / online.
  3. Meningkatkan keterampilan para pendidik dalam melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).
  4. Meningkatkan keterampilan para pendidik dalam memilih media pembelajaran online yang tepat.

Pembukaan Workshop Kurikulum dengan menghadirkan Bapak Prihestu Hartomo, S.Pd, M.Si Dari cabang dinas wilayah VIII

Waktu dan Pelaksanaan

Workhsop Kurikulum di laksanakan selama 3 hari mulai hari rabu tanggal 8 Juli 2020 sampai dengan hari jum’at tanggal 10 Juli 2020 di ruang lab komputer.

Pembicara dari bapak pengawas SMK cabang wilayah VIII Suratman, S.TP,MP

Peserta

Peserta Workshop Kurikulum SMK Negeri Tembarak Tahun Pelajaran 2020 / 2021 sebanyak 40 orang guru seluruh mata pelajaran baik mata pelajaran nasional, kewilayahan maupun produktif yang ada di SMK Negeri Tembarak.

Peserta Workshop Kurikulum yang terdiri dari Bapak dan Ibu guru SMK Negeri Tembarak

Tulisan Lainnya
Workshop COE bidang Kurikulum

Pendidikan bermutu identik dengan pembelajaran bermutu, yaitu pembelajaran yang mampu memberikan ruang sekaligus dorongan kepada peserta didik untuk berekspresi dan mengapresiasikan keb

14/12/2020 00:55 WIB - Administrator
MPLS ONLINE SMKN Tembarak

Setelah kemarin disibukkan dengan Pendaftaran Peseera Didik Baru (PPDB), yaitu peserta didik yang baru naik jenjang dari SMP/MTS ke tingkat SMK/SMA. Tiba saatnya sekolah -sekolah sekara

15/07/2020 06:56 WIB - Administrator