Asesmen, Upaya Peningkatan Pembelajaran dan Mengukur Hasil Pembelajaran
Mengutip dari artikel, Apa itu asesmen murid? Dari laman pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id, Asesmen adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar, perkembangan, dan pencapaian hasil belajar peserta didik, yang hasilnya kemudian digunakan sebagai bahan refleksi serta landasan untuk meningkatkan mutu pembelajaran.
Beberapa jenis asesmen yang ada dan sering digunakan antara lain adalah asesmen diagnostik, asesmen formatif dan asesmen sumatif. Pada masing-masing jenis asesmen memiliki tujuan, fungsi dan manfaat yang berbeda-beda.
Asesmen Diagnostik adalah jenis asesmen yang dilakukan sebelum proses pembelajaran dimulai untuk menilai pemahaman awal siswa tentang topik atau keterampilan tertentu. Ini membantu guru untuk merancang pengajaran yang sesuai dengan tingkat pemahaman siswa (https://academy.educa.id/teachers/news/2867). Secara umum jenis asesmen ini dapat dilaksanakan secara kolektif ataupun secara individual di setiap mata pelajaran oleh masing-masing guru pengampu. Teknis pelaksanaannya pun bervariatif dan tidak harus berupa tes tertulis.
Asesmen Formatif adalah jenis asesmen yang dilakukan selama proses pembelajaran untuk memantau perkembangan siswa dan memberikan umpan balik yang dapat digunakan untuk perbaikan lebih lanjut (https://academy.educa.id/teachers/news/2867). Asesmen formatif ini memiliki berbagai manfaat, antara lain : umpan balik secara real-time, memotivasi dan sebagai bahan untuk perbaikan proses pembelajaran.
Asesmen Sumatif adalah jenis asesmen yang dilakukan pada akhir suatu periode pembelajaran atau unit untuk menilai pemahaman siswa secara keseluruhan. Ini seringkali digunakan untuk menentukan penilaian akhir, seperti nilai akhir semester atau kelulusan (https://academy.educa.id/teachers/news/2867). Asesmen sumatif seringkali digunakan sebagai sumber yang dominan dalam memberikan hasil asesmen atau nilai. Manfaat asesmen sumatif ini antara lain sebagai penilaian keseluruhan, evaluasi pelaksanaan pembelajaran dan perencanaan pembelajaran pada masa mendatang.
SMK Negeri Tembarak melaksanakan asesmen sumatif bersama pada tengah semester gasal tahun ajaran 2024-2025 pada tanggal 9 – 13 September 2024. Pelaksanaan asesmen ini dilaksanakan secara daring di sekolah. Pelaksanaan asesmen sumatif ini dilaksanakan untuk mengukur ketercapaian hasil belajar pada materi yang terlah selesai disampaikan sampai pada waktu sebelum pelaksanaan asesmen sumatif bersama tengah semester ini.